JAkarta, ERANASIONAL.COM– Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-23, Shin Tae Yong optimis Indonesia akan lolos ke Olimpiade 2024, dengan cara memenangkan perebutan juara tiga Piala Asia U-23 2024 atau memenangi laga antar konfederasi melawan wakil Afrika yakni Guinea.

“Pertama-tama, saya apresiasi usaha yang bagus dari para pemain. Saya pikir Uzbekistan telah bermain dengan baik dan memberikan usaha yang bagus juga. Ada sesuatu hal yang membuat saya merasa sedikit malu, tapi saya tidak mau menyebutkannya,” kata Shin Tae Yong pada laman resmi PSSI, dikutip Rabu (1/5/2024).

Ia mengatakan, Indonesia akan mempersiapkan diri memanfaatkan peluang yang tersedia untuk lolos ke Olimpiade 2024. Baik dengan cara memenangkan perebutan juara ketiga melawan Irak atau apabila gagal, maka Timnas U-23 akan berupaya menang melawan wakil Afrika yakni Guinea dalam laga antar konfederasi yang berlangsung pada 9 Mei 2024

Seperti diketahui, Timnas U-23 harus mengakui kemenangan Uzbekistan dengan skor akhir 0-20 pada laga semifinal Piala Asia 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Senin (29/4/2024).

Dalam laga tersebut, kapten Timnas U-23 Rizky Ridho harus mendapatkan kartu merah pada menit 82 setelah melakukan pelanggaran terhadap pemain Uzbekistan Jasurbek Jaloliddinov. Dengan demikian, Ridho akan absen di laga perebutan juara ketiga.

Terkait laga sebelumnya, ia mengatakan Uzbekistan merupakan tim yang kuat. Shin Tae Yong juga mengucapkan selamat kepada Timnas Uzbekistan yang berhasil lolos ke laga final melawan Jepang.

“Uzbekistan tetaplah tim yang kuat, jadi selamat untuk tim Uzbekistan. Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke Olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa para pemainnya seperti kehilangan kepercayaan diri dalam laga semifinal tersebut. Padahal, Timnas U-23 sebelumnya telah berhasil mengalahkan berbagai negara-negara kuat seperti Australia, Yordania, hingga Korea Selatan.

“Saya pikir sebelum memulai pertandingan, para pemain merasa gugup. Hal ini mempengaruhi tim kami sehingga tidak bisa bermain dengan baik. Normalnya, kami bisa bermain baik seperti di pertandingan sebelumnya,” tukas Shin Tae-yong.

Sebagai tambahan, Indonesia akan bertemu Irak dalam pertandingan perebutan juara ketiga Piala Asia 2024. Setelah sebelumnya Irak dikalahkan 0-2 oleh Jepang pada laga semifinal. Selain itu, laga perebutan juara tiga tersebut akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.