Jakarta, ERANASIONAL.COM – Timnas Indonesia berpeluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai peringkat ketiga terbaik.

Posisi Indonesia sekarang ini berada di bawah Bahrain di posisi pertama kelompok peringkat ketiga terbaik klasemen penyisihan grup. Di bawah Indonesia ada China.

Meski sama-sama mengumpulkan poin tiga, Bahrain berada di posisi pertama karena unggul disciplinary point dari Indonesia.

Sedangkan China berada di posisi ketiga di bawah Indonesia sebagai ketiga terbaik di klasemen penyisihan grup dengan mengumpulkan dua poin dari hasil tiga pertandingan.

Secara matematis, China sudah tidak mungkin mengejar Timnas Indonesia. Sebab, skuad berjuluk Tim Naga itu telah menjalani seluruh laga fase grup Piala Asia 2023.

Pada laga terakhir Grup A, China kalah dari Qatar dengan skor 0-1. Di sisi lain, Timnas Indonesia masih menyisakan satu pertandingan terakhir di babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023 berhadapan dengan Jepang.

Laga Indonesia kontra Jepang akan digelar di Stadion Al Thumama, Rabu, 24 Januari 2024.

Sementara itu, di bawah China ada Oman, Suriah, dan Palestina dengan raihan satu poin.

Dengan demikian, peluang Timnas Indonesia untuk melaju ke 16 besar Piala Asia 2023 sangat terbuka.

Timnas Indonesia bahkan bisa dinyatakan lolos sebelum menghadapi Jepang dalam matchday terakhir babak penyisihan Grup D melalui peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023.

Kondisi itu bisa terwujud seandainya salah satu dari duel Suriah vs India (Grup B) dan Palestina vs Hong Kong (Grup C) berakhir imbang. (*)