Eranasional.com – Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia Shin Tae-yong menargetkan timnya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2024.

Menurut pelatih asal Korea Selatan (Korsel) ini, setiap pemainnya harus bermain maksimal di setiap pertandingan.

Timnas Garuda akan memulai petualangannya di babak penyisihan Grup D Piala Asia dengan menghadapi Irak pada tanggal 15 Januari 2024.

Selanjutnya, tanggal 19 Januari Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam, dan terakhir bentrok dengan Jepang pada tanggal 24 Januari 2024.

Jika melihat para kompetitor di Grup D, maka tidak mudah bagi Timnas Indonesia untuk bisa lolos babak penyisihan grup. Tetapi Shin Tae-yong kembali menegaskan, anak-anak asuhannya setidaknya bisa lolos ke babak 16 Besar.

“Target Indonesia di Piala Asia adalah melaju ke babak 16 besar. Kami harus bisa melakukannya. Saya adalah pelatihnya,” ucap Shin Tae-yong.

Tae-yong mengungkapkan, sejak Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia, dirinya bertekad memberikan kontribusi bagi perkembangan sepak bola Indonesia.

Dia pun membocorkan tiga skema buat Timnas Indonesia agar bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Pertama menjadi juara grup, lalu runner-up, dan menjadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Seandainya Indonesia lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik, Tae-yong memprediksi timnya tidak akan bertemu dengan Korsel di pertandingan berikutnya. Sebab, ia yakin negaranya tersebut setidaknya bisa mengakhiri fase penyisihan grup (Grup E) sebagai yang terbaik.

“Dengan komposisi grup saat ini, kami mungkin tak akan jumpa Kors di babak 16 besar. Kami mungkin bisa bertemu jika menjadi runner-up grup,” tuturnya. (*)