JAKARTA, Eranasional.com – Dua hari lagi, tepatnya 10 November hingga 2 Desember 2023, gelaran Piala Dunia U-17 digelar di Indonesia. Polri akan mengerahkan 13.251 personel untuk mengamankan event berskala internasional tersebut.

“Untuk pengamanan akan melibatkan 13.251 personel, terdiri atas 415 personel dari Mabes Polri dan 12.836 personel dari empat Polda,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Rabu (8/11/2023).

Adapun empat Polda yang dimaksud adalah Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan Polda Jawa Timur. Keempat provinsi itu wilayahnya dijadikan lokasi pertandingan (venue) event Piala Dunia U-17 2023.

Ada empat stadion yang digunakan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-17, yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan Stadion Manahan Solo, serta Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Besok, Kamis (9/11), lanjut Ramadhan, akan dilakukan gelar pasukan secara serentak di empat Polda tersebut.

“Tapi apel pasukan dipusatkan di Surabaya, di mana partai perdana Piala Dunia U-17 digelar,” tuturnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan komitmen Polri menjaga marwah persepakbolaan Indonesia untuk tetap pada standarnya.

Polri, kata Sigiti, mendatangkan instruktur dari Inggris untuk meningkatkan kemampuan anggota Polri terkait aturan dan pengamanan dalam pertandingan sepak bola.

“Kita sudah mempersiapkan, karena kita tahu bahwa FIFA memiliki standar yang sangat ketat sehingga kemudian beberapa waktu yang kita telah mengundang pelatih dari Coventry University untuk melatih model pengamanan disesuaikan dengan standar FIFA,” ungkap Sigit.

“Prinsipnya Polri mendukung pelaksanaan Piala Dunia U-17 agar betul-betul terlaksana dengan aman, lancar, sukses, serta mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional,” pungkasnya.