Persija Jakarta ditumbangkan Persik Kediri, Minggu, (12/3/2023). (Foto: Instagram/Persija Jakarta).

KEDIRI, Eranasional.com – Persija Jakarta harus menelan pil pahit saat tandang ke kandang Persik Kediri di pekan ke-30 Liga 1, Minggu 12 Maret 2023.

Di luar dugaan, Persija Jakarta kalah 2-0 oleh tuan rumah Persik Kediri.

Dengan kekalahan ini, peluang Persija Jakarta mengejar PSM Makassar di puncak klasmen sementara Liga 1 2022/2023 semakin berat.

Kemenangan atas Persija Jakarta membuat Persik Kediri menang lima kali secara beruntun di putaran kedua Liga 1.

Bermain agresif sejak laga dimulai, Persik Kediri melahirkan sejumlah peluang.

Baru 10 menit laga berjalan, Persik Kediri sudah unggul 1-0. Gol disarangkan Al Hamra Hehanussa, memanfaatkan tendangan sudut Krisna Bayu. Gol tersebut merupakan gol ketiga Hamran secara beruntun.

Persija Jakarta mencoba membalas, namun mereka kesulitan mengembangkan permainan akibat kawalan ketat pemain Persik Kediri. Hingga akhir babak pertama skor 1-0 untuk tuan rumah tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Persija Jakarta mencoba membalas, mereka pun keluar menyerang namun tetap kesulitan.

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll mencoba mengubah strategi dengan memasukkan Nico Saputra dan Sandi Arta menggantikan Birrul Walidain dan Dandi Maulana.

Masuknya pemain baru membuat Persija mengimbangi permainan Persik Kediri, mereka pun mencibtakan beberapa peluang gol.

Pertengahan babak kedua Thomas Doll kembali melakukan sejumlah pergantian pemain. Dia menarik Rico Simanjuntak dan Aji Kusuma. Kemudian memasukkan Witan Sulaiman dan Ginanjar Wahyu.

Asyik menyerang Persija Jakarta nyaris kebobolan di menit ke-65. Firza Andika membuat blunder dengan melanggar pemaiin Persik Kediri di kotak penalti.

Beruntung eksekusi Flavio Antonia berhasil ditepis kiper Persija Jakarta, Andritany.

Serangan balik menjadi momok bagi pertahanan Persija Jakarta. Kesalahan passing yang dilakukan Witan Sulaiman berhasil dicuri pemain Persik Kediri.

Bola kemudian digiring Yusuf Meilana yang kemudian mengirim umpan ke Muhammad Khanafi, dia pun sukses menyarangkan bola ke gawang Andritany di menit 75, skorpun berubah 2-0 untuk Persik Kediri.

Kemenangan 2-0 bagi Persik bertahan hingga akhir pertandingan. Dengan kemenangan ini, Persik Kediri  tertahan di posisi ke-15 klasmen sementara.

Sedangkan Persija Jakarta masih di posisi ketiga klasmen sementara, dengan poin 51.

Kekalahan ini juga semakin berat langkah Persija Jakarta mengejar pemimpin klasmen sementara PSM Makassar.