Gol ketiga Eddie Nketiah membawa Arsenal melaju ke 32 besar Piala FA atas kemenangan telak 3-0 melawan Klub milik menteri BUMN Indonesia, Senin (9/1/2023).

LONDON, eranasional.com – Arsenal menaklukkan klub milik Erick Thohir, Oxford United, dengan skor 3-0 dan meraih tiket babak 32 besar Piala FA untuk bertemu Manchester City.

Dalam pertandingan di Stadion Kassam, Oxford, Selasa (10/1/2023) dini hari WIB, Arsenal melaju ke putaran keempat melalui aksi Mohamed Elneny, dan dua gol Eddie Nketiah.

Kemenangan ini membawa tim asuhan Mikel Arteta beraksi di babak 32 besar dan akan bertemu Manchester City. Pasukan Pep Guardiola itu melaju ke putaran selanjutnya setelah menghajar Chelsea, 4-0, sehari sebelumnya.

Arsenal banyak menurunkan pemain lapis kedua dalam pertandingan melawan klub milik Menteri BUMN Indonesia ini.

Pelatih Mikel Arteta mengusung formasi 4-3-3 dengan menampilkan Gabriel Martinelli, Edward Nketiah, dan Bukayo Saka di barisan depan.

Di lini tengah Arsenal menurunkan Albert Sambi Lokonga, Mohamed Elneny, serta Fabio Vieira. Gabriel Magalhaes dan Rob Holding bahu-membahu menggalang barisan pertahanan didampingi Takehiro Tomiyasu di sisi kanan serta Kieran Tierney di kiri. Barisan belakang ini mengawal kiper Matt Turner.

Sementara pelatih Oxford United, Karl Robinson, menerapkan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan Billy Bodin, Matty Taylor, dan Josh Murphy sebagai penyerang.

Di lini tengah, pelatih asal Inggris itu memasang Lewis Bate, Marcus McGuane, dan Cameron Brannagan. Sementara di lini belakang dia menurunkan duet Elliott Moore dan Sam Long di jantung pertahanan.

Djavan Anderson dipercaya menjadi bek kanan sedangkan Ciaron Brown menjadi bek kiri. Posisi kiper dipercayakan kepada Edward McGinty.

Oxford United berhasil menahan pemimpin klasemen Premier League tersebut pada babak pertama. Saat babak kedua memasuki menit ke-61, Arteta menarik keluar Kieran Tierney dan menggantikannya dengan Oleksandr Zinchenko. Tak lama kemudian Albert Sambi Lokonga juga diganti oleh Granit Xhaka.

Arsenal hanya butuh satu menit setelah masuknya Xhaka untuk mencetak gol pertamanya. Mohamed Elneny menjebol gawang klub divisi ketiga Inggris itu setelah memaksimalkan sodoran Fabio Vieira.

Tujuh menit berselang, tim tamu menggandakan keunggulan berkat gol Eddie Nketiah. Kali ini gol Nketiah juga dicetak setelah mendapat umpan Fabio Vieira.

Eddie Nketiah mencetak gol keduanya malam itu pada menit ke-76. Pemain yang pernah dipinjamkan ke Leeds United itu membobol gawang Edward McGinty setelah memanfaatkan operan Gabriel Martinelli. Skor 3-0 untuk Arsenal bertahan hingga pertandingan usai. **