Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Foto: ANTARA FOTO

Eranasional.com – Parade MotoGP akan digelar di Jakarta hari ini, Rabu (16/3). Acara ini menjadi pembuka dari gelaran MotoGP Mandalika 2022 yang akan dihelat pada 18-20 Maret 2022.

Acara parade itu akan diikuti oleh 20 pebalap. Selain para pebalap MotoGP ada juga pebalap Indonesia yang bertanding di kelas Moto3 dan Asia Talent Cup.

Mereka yang akan ikut parade ialah Marc Marquez (Repsol Honda Team), Pol Espargaro (Repsol Honda Team), Joan Mir (Team Suzuki Ecstar), Alex Rins (Team Suzuki Ecstar), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Jack Miller (Ducati Lenovo Team), dan Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP).

Kemudian Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP), Johann Zarco (Pramac Racing), Jorge Martin (Pramac Racing), Alex Marquez (LCR Honda Castrol), Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu), Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP Team) dan Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP Team).

Ada pula Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team), Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team), Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG Team) Moto2, Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG Team) Moto2, Mario Aji (Honda Team Asia) Moto3, dan Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup) ATC.

Selain para pebalap tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan parade juga bakal diikuti 60 motor dari beberapa ATPM yang ada di Indonesia.

“Diikuti oleh kurang lebih sekitar 80 pemotor 20 dari tim MotoGP, dan di belakangnya ada 60 motor dari pabrikan yang ada di Indonesia, dari Yamaha Ducati dan sebagainya, sehingga kurang lebih total 80 yang mengikuti parade tersebut dari Istana sampai Hotel Kempinski,” kata Sambodo, Selasa (15/3).

Sebelum melakukan parade para pembalap itu akan lebih dulu bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Pertemuan itu akan berlangsung pukul 09.30 WIB dan disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden.

“Para pembalap MotoGP ini akan menunjukkan rasa hormat mereka ketika sampai ke Indonesia. Tujuan pertama mereka adalah menghampiri Bapak Presiden dan juga memberi salam hormat kepada Pak Presiden sebelum pagelaran MotoGP,” kata Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association, Cahyadi Wanda, Selasa (15/3).

Namun Jokowi dipastikan tidak ikut dalam parade tersebut.

Jalan Ditutup

Parade akan berlangsung pukul 10.00 WIB. Peserta akan menggeber motor mereka dari Istana hingga Hotel Kempinski.

Selama parade berlangsung jalan yang dilalui akan ditutup sementara.

“Dari Polda Metro akan melakukan pengamanan jalur dari Istana Negara akan ada penutupan jalur pada saat rombongan melintas terutama dari arah utara ke selatan,” kata Sambodo.

Maka itu Sambodo meminta agar masyarakat untuk sementara menghindari jalan tersebut.

“Kami dari pihak Polda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat sebaiknya untuk menghindari dulu kawasan Jalan MH Thamrin dari jam 10.00-11.00 WIB,” kata Sambodo.

Soal keamanan, Polda Metro Jaya telah menyiapkan 500 personel keamanan untuk mengamankan jalannya parade MotoGP.

“Berkaitan dengan pengamanan jalur kami telah menyiapkan personel sebanyak 500 personel dari jajaran kepolisian. Kemudian dari Pemda juga kami libatkan,” ujar Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Pol Marsudianto, Selasa (15/3). (RS)