London – Sebanyak 20.000 lebih penonton akan menyaksikan langsung pertandingan babak final Piala FA antara Chelsea menghadapi Leicester City di Stadion Wembley, Sabtu (15/5/2021) ini. Jumlah penonton yang hadir diperkirakan bakal mencapai 22.000 orang dan menjadi kerumunan terbesar di ajang olahraga Inggris di masa pandemi Covid-19.

Sebenarnya sejak April lalu, penonton sudah ada di stadion. Pada 17 April 2021 lalu, sebanyak 4.000 penonton telah datang ke Stadion Wembley menyaksikan pertandingan semifinal Piala FA antara Leicester menghadapi Southampton.

Pada waktu yang bersamaan di ajang Kejuaraan Dunia Snooker di Sheffield, sebanyak 325 penonton dibolehkan hadir menyaksikan kejuaraan ini.

Jumlah penonton semakin bertambah pada saat pertandingan final Piala Liga (Carabao Cup) antara Manchester City menghadapi Tottenham Hotspur pada 25 April 2021 lalu. Sebanyak 8.000 penonton hadir di Stadion Wembley, dengan 2.000 penonton jatah pendukung City, dan 2.000 kursi untuk pendukung Spurs.

Namun ada syarat yang harus dijalani penonton, khususnya para fans untuk bisa menyaksikan pertandingan langsung di final Piala FA nanti. Sesuai aturan protokol untuk keramaian yang ditetapkan Pemerintah Inggris, batas usia yang diperkenankan masuk ke stadion, di atas 16 tahun.

Para fans juga wajib mengisi formulir events reseach programme (ERP) yang dikeluarkan pihak pemerintah. Setelah itu mereka diwajibkan menjalani tes Covid-19 (tes PCR) dua kali, sebelum pertandingan (antara 13 atau 14 Mei) dan lima hari setelah pertandingan, pada 20 Mei mendatang.

Hanya penonton dengan hasil tes negatif yang bakal diizinkan memasuki stadion.

Langkah ini menjadi uji coba sebelum penonton dengan jumlah 10.000 orang ditargetkan bisa datang ke stadion pada pertandingan Liga Inggris musim depan.